Tuesday, February 2, 2010

UAS..Perlu ga sihh..??

Sudah Beberapa tahun terakhir beberapa kalangan tertentu memperdebatkan tentang perlunya Ujian Nasional(UN) bagi kelulusan siswa SLTA, SLTP, dan SD. Hal ini bagi beberapa kalangan berpengaruh karena mereka menganggap kelulusan seorang siswa tidak dapat diukur dengan satu kali test yang dilakukan dalam waktu seminggu, test tersebut membuat usaha mereka belajar selama ±3 tahun(di tingkatan masing-masing) menjadi tidak berarti sama sekali karena kurang maksimalnya usaha mereka dalam satu minggu terakhir perjuangan.
Kalau melihat dari sisi mutu pendidikan di Indonesia sekarang maka UN memang masih sangat dibutuhkan untuk menguji kemampuan seorang siswa, karena siswa yang telah belajar dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di sekolahnya masing-masing selama masa belajar aktif pasti akan dengan mudah mengikuti ujian tersebut, lain halnya dengan siswa yang hanya datang sekedar hadir di sekolah, tentu saja mereka akan kesulitan dalam mengerjakannya. Karena itu kita dapat menyaring siswa mana yang lebih siap dan layak untuk lulus.
Namun jika kita masih memaksakan untuk menganggap UN adalah suatu alat yang menyesatkan bagi generasi muda kita maka kita dapat mengacu pada sistem yang telah diterapkan di beberapa sekolah swasta berbasis internasional ataupun sekolah-sekolah di negera maju, sistem tersebut mengangap semua siswa adalah sama, mereka sebenarnya memiliki tingkat kecerdasan yang dapat dianggap sama, namun tingkat keuletan dan semangat dari setiap siswa yang akhirnya membedakan IQ dan hasil yang mereka dapatkan, penilaian pun dilakukan setiap bulan karena dengan demikian dapat dilihat perkembangan setiap siswa secara detail, dan siswa pun terpacu untuk belajar lebih giat setiap bulannya. Peringkat(Grade) siswa pun tidak diumumkan secara umum karena ini dianggap dapat menurunkan mental siswa lainnya.
Kembali lagi semua itu hanya beberapa cara dari banyak cara yang dapat dijadikan refferensi bagi pemerintah untuk memajukan sistem pendidikan kita. Pendapat boleh beda namun tujauan tetap harus sama..Maju Teruzzz INDONESIA..

No comments:

Post a Comment